Sinergi Senkom Mitra Polri dan Kemhan: Tingkatkan Bela Negara, Jaga Kondusifitas

Ketum Senkom Mitra Polri, KP. Dr. H. Katno Hadi, SE, MM bersama dengan Dirjen Pothan Kemhan, Mayjen TNI Piek Budyakto di ruang kerjanya pada Rabu (7/8/2024). Foto: Humas PP Senkom

Senkomsidoarjo.or.id | JAKARTA, 7 Agustus 2024 - Ketua Umum Senkom Mitra Polri, KP. Dr. H. Katno Hadi Mangunagoro, SE, MM, bersama jajaran pengurus melakukan audiensi silaturahim dengan Dirjen Pothan Kemhan, Mayjen TNI Piek Budyakto. Pertemuan yang berlangsung di ruang kerja Dirjen Pothan ini merupakan bagian dari program rutin Senkom untuk menjaga komunikasi dan silaturahim dengan pejabat baru di Kementerian Pertahanan.

Dalam audiensi tersebut, Dr. Katno Hadi didampingi oleh Ketua I Supriyono, Sekjen Nedy Wilbhara, dan Wasekjen Achmad Kurniawan. Sementara itu, Mayjen Piek Budyakto turut didampingi oleh Kasubdit Pembentukan dan Pembina Komcad Kolonel Rachmat Djunaidy serta Kasubdit Bela Negara Kolonel Amirudin Laupe.



Ketua Umum Senkom, Dr. Katno Hadi, menjelaskan bahwa audiensi ini merupakan program organisasi yang bertujuan untuk menjaga tali silaturahim dan membangun komunikasi sebagai bagian dari bangsa. “Audiensi ini sudah menjadi program organisasi. Kami akan selalu menjaga tali silaturahim dan membangun komunikasi sebagai anak bangsa,” ujarnya.

Dirjen Pothan Kemhan, Mayjen TNI Piek Budyakto, dalam kesempatan tersebut memaparkan berbagai program Kemhan, terutama terkait program bela negara dan Komcad. Ia mempersilakan anggota Senkom untuk bergabung dalam Komcad atau kegiatan bela negara lainnya. “Senkom dipersilakan untuk bergabung di Komcad ataupun kegiatan bela negara yang lain. Pendaftarannya dilakukan secara online dan individu, sementara pengecekan fisiknya dilakukan di korem-korem,” jelasnya.

Lebih lanjut, Mayjen Piek menekankan pentingnya menjaga kondusifitas negara untuk meningkatkan daya saing internasional, terutama di tingkat ASEAN. “Salah satu modal untuk menjaga kondusifitas adalah dengan melindungi masyarakatnya sendiri. Kita harus bisa unggul minimal di tingkat ASEAN,” tegasnya.

Ia juga mengingatkan tentang pentingnya program Siskamling dan peran ormas dalam mengendalikan masyarakat. Mayjen Piek berharap Senkom dapat meningkatkan keterlibatannya di tanah Papua, terutama dalam bidang pendidikan dan penyuluhan kepada putra daerah.

Pada kesempatan yang sama, Dr. Katno Hadi menyampaikan peran serta Senkom dalam bidang bela negara, termasuk pendidikan di Papua. Salah satu upaya Senkom untuk menjaga kondusifitas adalah melalui platform digital SDC (Senkom Digital Communication), yang memungkinkan anggota Senkom untuk berkomunikasi secara nasional dan melaporkan kondisi Kamtibmas serta kebencanaan setiap hari kepada instansi terkait.

Pertemuan tersebut diakhiri dengan penegasan dari Dr. Katno Hadi bahwa Senkom akan terus berkontribusi dalam menjaga kondusifitas dan keamanan negara melalui berbagai program dan inisiatif yang telah berjalan. (*/Phmal PP Senkom)

Post a Comment

أحدث أقدم
Senkom Mitra Polri Sidoarjo | Informasi | Komunikasi | Kamtibmas | Rescue I Bela Negara