Senkom Mitra Polri Hadiri Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila 2024 di Alun-Alun Kabupaten Sidoarjo

Senkom Mitra Polri Kabupaten Sidoarjo menghadiri upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila 2024 di Alun-Alun Kabupaten Sidoarjo bersama Pemkab Sidoarjo, TNI, Polri, Satpol PP, dan berbagai instansi lainnya. Partisipasi ini menunjukkan sinergi yang kuat antar instansi dalam menjaga keamanan dan ketertiban di Kabupaten Sidoarjo.


Sidoarjo – Senkom Mitra Polri Kabupaten Sidoarjo turut serta menghadiri upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila yang digelar pada Selasa, 1 Oktober 2024, di Alun-Alun Kabupaten Sidoarjo, Jalan Sultan Agung No.39, Gajah Timur, Magersari, Kecamatan Sidoarjo. Upacara yang berlangsung pada pukul 08.00 hingga 08.30 WIB ini mengambil tema *“Bersama Pancasila Kita Wujudkan Indonesia Emas”*.

Bertindak sebagai Inspektur Upacara (Irup) adalah Pejabat Sementara (PJS) Bupati Sidoarjo, Dr. Ir. Mohamad Isa Anshori, ATD., M.T., dan Komandan Upacara (Danup) adalah Ipda Deni Hartanto, S.H., yang merupakan Kasubnit 1 Unit 5 Satreskrim Polresta Sidoarjo.


Upacara ini dihadiri oleh berbagai pejabat penting di Kabupaten Sidoarjo, antara lain Ketua DPRD Kab. Sidoarjo yang diwakili M. Raffi Wibisono, Kapolresta Sidoarjo yang diwakili oleh Kompol Riky Donair Pilang (Kabag Ops), Dandim 0816/Sidoarjo Letkol Inf Dedyk Wahyu Widodo, S.Sos, Kajari Sidoarjo Bapak Roy Rovalino Herudiansyah, S.H., M.H., Kepala Pengadilan Negeri Sidoarjo Ibu Sri Sulastri, S.H., M.H., serta perwakilan dari Danpasmar, Puspenerbal, Lanud Muljono, dan berbagai instansi lainnya.


Senkom Sidoarjo mengirimkan satu Pleton (SST) yang terdiri dari 25 personel untuk mengikuti rangkaian upacara bersama dengan 24 SST lainnya dari berbagai instansi, seperti Kodim 0816, Arhanud 8/MBC, Puspenerbal, Pasmar-2, Lanud Muljono, Polresta Sidoarjo, Satpol PP Sidoarjo, Dinas Perhubungan Kabupaten Sidoarjo, ASN Pemkab Sidoarjo, Linmas Sidoarjo, Purna Paskibraka, Satkorcab Banser, KOKAM Sidoarjo, Pemuda Pancasila, FKPPI Sidoarjo, Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Sidoarjo (UMSIDA), Mahasiswa Universitas Nahdlatul Ulama Sidoarjo (UNUSIDA), pelajar SMA/SMK, pelajar SMP, dan Pramuka.


Dalam sambutannya, PJS Bupati Sidoarjo, Dr. Ir. Mohamad Isa Anshori, menyampaikan pentingnya nilai-nilai Pancasila yang harus terus dipegang teguh oleh seluruh masyarakat Indonesia sebagai dasar dan pedoman dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. “Upacara ini merupakan momentum untuk kembali menegaskan komitmen kita bersama dalam menjaga Pancasila sebagai ideologi bangsa, serta memperkuat sinergi antara pemerintah daerah, aparat keamanan, dan seluruh elemen masyarakat,” ujarnya.

Seluruh rangkaian upacara berjalan dengan tertib dan lancar. Kegiatan diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya pada pukul 08.06 WIB, diikuti dengan pembacaan teks Pancasila, UUD 1945, ikrar Pancasila, dan diakhiri dengan pembacaan doa pada pukul 08.35 WIB. Setelah rangkaian upacara selesai, dilanjutkan dengan Andika Bhayangkari dan laporan Danup kepada Irup bahwa upacara telah berlangsung dengan baik dan khidmat.


Selain itu, kehadiran Senkom dalam upacara ini mencerminkan komitmen kuat mereka untuk terus berperan aktif dalam kegiatan pemerintahan daerah, menjaga sinergi antarinstansi, dan mendukung stabilitas keamanan di Kabupaten Sidoarjo. "Senkom hadir untuk memperkuat sinergi antara masyarakat dan aparat dalam menjaga stabilitas keamanan di Kabupaten Sidoarjo. Momentum Hari Kesaktian Pancasila ini sekaligus menjadi pengingat pentingnya peran setiap elemen bangsa dalam mempertahankan keutuhan Pancasila sebagai ideologi negara," ungkap Ketua Senkom Mitra Polri Kabupaten Sidoarjo, H. Agus Mintono, S.M.B., saat ditemui usai upacara.


Senkom Mitra Polri Kabupaten Sidoarjo, bersama dengan unsur peserta upacara lainnya, berharap momentum ini dapat memperkuat komitmen bersama dalam menjaga Pancasila sebagai dasar negara serta menciptakan suasana yang aman dan kondusif di Kabupaten Sidoarjo.(ac)

- Senkom Mitra Polri Sidoarjo  

- Upacara Hari Kesaktian Pancasila 2024  

- Pemkab Sidoarjo  

- Sinergi Senkom dan Pemkab Sidoarjo  

- Keamanan Kabupaten Sidoarjo  

- Peserta Upacara Hari Kesaktian Pancasila



Post a Comment

Lebih baru Lebih lama
Senkom Mitra Polri Sidoarjo | Informasi | Komunikasi | Kamtibmas | Rescue I Bela Negara